Tips Membuat kotak sarang lovebird

Tips Membuat kotak sarang lovebird,  Sebuah kotak  sarang/glodok lovebird yang ideal adalah wajib bagi breeder. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuat kotak glodok untuk rumah lovebird karena kotak sarang/glodok yang sesuai akan membuat  lovebird betah tinggal yang nantinya akan di gunakan untuk mengeram dan menetaskan telurnya sehingga  kita perlu mengaturnya dengan baik dan benar. Penetasan dan pertumbuhan  anakan lovebird / labet sangat dipengaruhi kotak sarang Anda.

(Anda dapat melakukan persiapan  ini sebelum Anda menempatkan lovebird pada kandang penangkaran)

Pengaturan dan penyiapan sarang adalah sebagai berikut:
-Bahan sarang bisa berupa kelobot jagung  kertas, sobek sobekan kertas atau serutan kayu (bekas pasahan kayu).
-Toilet Rolls
-datar bentuk (tergantung pada kandang Anda menggunakan)
-Bambu strip( pasahan bamboo) atau kertas putih polos

Langkah 1. Taruh lapisan gulungan toilet di dalam kotak sarang. Pastikan bahwa itu  cukup untuk melindungi bahan sarang yang akan ditaruh. ini di gunakan untuk mencegah kaki melebar.

Langkah 2. Masukan bahan sarang yang anda  pilih. Bisa  robek-robekan kertas atau sisa pasahan kayu. Bahan yang anda masukan jangan terlalu banyak, ini hanya sebagai pondasi saja untuk selanjutnya biarkan lovebird yang meneruskan membuat sarang.

Langkah 3.Masukan kotak sarang pada  sangkar/ kandang lovebird yang telah di persiapkan dengan di beri landasan  yang datar dan kokoh(tidak labil atu miring) sehingga aman bagi lovebird yang masuk ke dalamnya.

Langkah 4: Letakkan salah satu dari bahan ini di bagian dasar sangkar/ kandang lovebird. Anda bisa memilih potongan bambu (warna alami) atau kertas putih polos. Amati Lovebird/labet betina membawa bahan sarang ini menyelipkan diantara bulunya ini artinya Lovebird/labet  sudah melakukan proses pembuatan sarang.




Gambar diatas adalah salah satu contoh gambar kotak sarang  Lovebird (Labet)




Untuk melihat lebih detail ukuran kotak sarang lovebird (nestbox) klik video diatas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.